Orang Tua

 Mungkin kamu punya orang tua yg lembut, mungkin lemah, atau mungkin keras kepala. Tapi meskipun mereka sudah lama mengenalmu, itu sangat normal kalau mereka tidak sepenuhnya memahamimu. 

Karena mereka menghabiskan seluruh hidupnya dalam lingkaran dan kelas sosialnya sendiri. Mereka tidak punya kesempatan melihat dunia yang kamu lihat, apalagi mengalami hidup yang beruntung seperti yang kamu alami. Jadi kamu harus belajar lebih baik dan bersabar dengan mereka. Lalu bawalah mereka untuk melihat dunia yang lebih luas.

Bukan berdiri di luar pemahamannya yang terbatas dan mengkritik pandangannya yang sempit, sama halnya papa mama kamu yang murung setiap harinya dan minim kata-kata karena semua orang bergantung padanya setiap harinya, namun tidak ada satu orangpun yang dapat ia andalkan. Dulu di matamu mereka adalah pahlawan yang bisa menyelesaikan semua masalah, tapi sekarang kekuatan supernya sudah hilang dan kamu mulai menyadari bahwa superman juga tetaplah manusia. 

Mereka juga merasakan rendah diri, bersalah, dan penyesalan. Alasan mereka masih bertahan adalah karena mereka harus tetap berdiri sebagai orang tua. 

Comments

Popular Posts