Pengalaman belajar naik motor di jalan raya

Big thanks to my papa yang mau beliin saya sepeda motor dan ngajarin saya hahaha. Saya anaknya sih takut-takut nekat dan suka nantang arus juga padahal. Sepeda pancal dulu bisa tetapi ga pernah pakai di jalan raya. Kalau ada yang dampingi saya, baru saya berani 😂 Parah ya saya dulu, harus ada yang ngawal. Pernah sih naik sepeda pancal pas sekolah dulu. Gaya banget. Udah gede udah SMP bukan SD lagi. Eh pulangnya nabrak sepeda motornya guru saya. Dulu sekolah di antar, pulang baru jalan kaki karena lokasi sekolah dekat rumah.

Baru umur 22 tahun ini saya dibeliin motor. Itupun saya minta walaupun ragu ragu apakah saya bisa ngendarain apalagi saya juga takut karena tidak ada pengalaman mengendarai di jalan raya. Tapi saya berpikir kalau ga ada kendaraan pasti susah mau ke mana-mana, kalau penting penting dan mendadak atau bahkan ada pembatalan kan sayang uang taksi. ya masa harus naik taxi terus? Lama saya rayu rayu orang tua sampai akhirnya dibelikan. Saya sih suka motor daripada mobil karna ya praktis apalagi surabaya macet. Dan saya sangattt sangatttt bersyukur punya sepeda motor ini. Bahagia sekali. Kekhawatiran mama jd bertambah takut anaknya kenapa-napa. Hahaha..

Tgl 17 Februari 2016 motor sampai. yayyy! Rasanya seperti mimpi. Sudah siap semuanya dari jauh-jauh hari test SIM dan segala macam. Awalnya latian di rumah muter-muter tiap siang selesai makan siang. Trus karena sempit di ajak ke lapangan gor sama papa. Ya kalau sepi gampang paling cuma jaga keseimbangan hahaha gaya banget ya saya. Dan sebelum-sebelumnya saya juga sudah diajarin cara-cara dari nyalain sampai ke pengetahuan2 lainnya tentang sepeda motor oleh teman-teman saya di Surabaya (thankyou kartika, fiona, rina hehehe) 😄

Terus mulai keluar-keluar tapi masih dibonceng papa ujung-ujungnya karena malam dan papa mama masih belum percaya kalau saya bisa. Terus baru dua hari an mulai saya yang bonceng papa muter-muter di jalan raya. Sangat sangat pelan hahaha. Dan saya agak bingung, karena beda ternyata latian di perumahan/ gor/ jalanan sepi sama di jalan raya yg ada berbagai macam kendaraan. Seperti udah pasrah sama yang di Atas. Jantung saya rasanya berdetak cepat banget. Saya sampai detik ini takut ketabrak kendaraan yg ada di belakang saya, jadi saya susah nyalip padahal jalan satu arah tapi dalam hati nekat aja sambil liat spion terus, kalau ga nekat sampai kapanpun ga bisa, dan saya sudah megang motor ini. Tapi untungnya jalanan Lumajang tidak se ramai surabaya.

Tiap sore saya keluar disuruh keliling lumajang. Papa nemeni saya naik motornya sendiri di depan. Saya naik motor juga bonceng mama di belakang. Soalnya kalau pagi siang mereka kan kerja. Senang nervous banget di jalan raya yang ramai. Kadang berhenti mendadak (maklum baru belajar. Kaget ya berhenti.) 😂 Banyak banget yang buat saya kaget dan sebel. Kadang-kadang orang mau nyalip ga liat-liat, ga liat kanan kiri. Saya selalu membunyikan klakson untuk orang seperti itu. Kalau nyalip cepet banget tiba-tiba muncul padahal saya lihat spion tadi belakang lumayan jauh ya. Sudah gitu mepet-mepet lagi jalannya. Padahal tau posisi saya ini sudah paling pinggir mojok.
Ada lagi beberapa nyalip dari kiri. Ga habis pikir. Udah tau saya ini lajurnya paling kiri banget. Eh masih aja bisa nyalip dari kiri. Saya aja diajarin kalau nyalip sebelah kanan. Beda jarak berapa centimeter aja. Smh bayangin kalo nyenggol pasti jatuh saya apalagi kalo dibelakang ada bus atau truk. Ada lagi ketika saya mau menghindari jalan berlobang/ nyalip becak. Eh dari samping ngebut. Ya otomatis, saya langsung rem mendadak daripada keserempet. Saya tidak mau mati konyol karena kesrempet. 😅

Ada lagi lampu ratingnya ke kiri tapi ternyata belok kanan. Dan untungnya saya pelan jd ga masalah sih. Tapi kan tetap aja bahaya. Apalagi saya lihat org-orang kalau nyetir ngebut apalagi anak anak muda. Kalau mobil saya tidak ada masalah. Malah kalau belakang saya mobil saya merasa dilindungi hahaha.. saya takutnya sama orang-orang yang ngendarain motor krn mereka kadang lebih ugal-ugalan daripada orang-orang yang ngendarain mobil. Yah mungkin saya masih kaku karena baru semingguan saya belajar sepeda motor ini. Semoga saya lebih berani lagi dan semakin bisa ngontrol sepeda motor, bukan saya yg dikontrol sepeda motor. Wkkwk. Semoga saya berani nyalip 😅

Comments

  1. Halo gracia, saya juga baru mau belajar naik motor nih. Gimana ya ngilangin rasa takut naik motor? Oh iya waktu pertama kali bawa motor di jalan raya kmu merasa terintimidasi gak? Gimana cara kamu ngatasinnya pdahal baru pemula? Btw kta seumuran loh hehe. Saya sering sesih sendiri klu inget udh umur segini masih ga bisa bawa motor pdhal jaman skrg anak sd aja udh bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya pasti kaku. Takut banget apalagi kalau dijalan besar.. tapi kalau kita takut2 terus pasti ga akan bisa. Enak lho bisa naik motor atau apa aja lah karena kita jadi tidak tergantung sama orang ☺. Salam kenal btw seumuran.. Iya cepet kok kalau spd motor.. pokonya jaga keseimbangan dan brani. Aku yakin pasti skrg sudah bisa dan lancar pasti sudah ngebut ya km. Hahaha 😂😅

      Delete
  2. sama aku jg bru belajar naik motor f usia 27 thn.. wkwkwkw ..dan udh 2x ini dmaki tkg becak. kdg sk nervous liat kendaraan macam truk soal salip menyalip emg bener bgt tuh. ga abs pkir sama org yg nyalip dr kiri. kan bahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau di klason mobil atau sesama spd motor, mau dimaki2 tukang becak jangan dipedulikan. Pokonya jalan kamu benar dan kamu ga merugikan mereka. Kadang mereka lah yang buat kita gopoh/nervous. Tetap tenang. Iya wkwkk kadang2 namanya manusia egois. Kadang2 ngawur juga.

      Delete
  3. Aku baru belajar motor,, sayangnya masih belum lancar dengan latihan belok belok later 8 😀
    Saya beranikan diri, karena saya malu dan iri sama anak SD. 😂
    lha saya udah SMA mau lulus lagi baru belajar motor 😄
    Terpaksa dan nekat untuk bekal kuliah 😃

    Doain aku yah ka, semoga cepat lancar 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja seminggu dua minggu pasti lancar. Luwes kalau kata orang hehehe😊. Sering2 keluar. Sy dulu walaupun ga kemana2 sering muter2 aja alasannya manasin spd motor biar luwes aja 😅. Km jauh lebih hebat dari sy. Aku baru bisa naik motor selesai kuliah.😂

      Amin. Pasti lancar. Sukses kuliahnya ya.😄

      Delete
    2. Adek2 saya malah baru belajar motor usia 30 tahun ini, karena dulu mamah pernah trauma ketabrak motor waktu saya sd jadi anak tunggalnya dilarang smp dapat restu di usia 30 tahun karena anaknya setiap hari naik ojol dan lumayan uangnya bisa buat ditabung klo naik motor sendiri wkwkk, gmana adek2 udahlancar donk skrng? Saya masih belum lemes bgt msh agak kaku tapi udah mulai pd nih alhamdulillah ke jalan, kuncinya betul tuh yg dibilang Dek Gracia, berani, jaga keseimbangan, jangan lupa berdoa dan konsentrasi selama dijalan. semoga kita semua selamat, Aamiin

      Delete
    3. Tidak ada kata terlamabat kok untuk belajar :'). Sepertinya sama orang tua saya juga dengan berat hati kayaknya mengijinkan saya naik spd motor. Tapi gimana lagi hehe.. saya seorang diri di Surabaya, harus mandiri ke mana-mana repot kalau tidak bisa naik kendaraan sendiri.

      Amin. Terima kasih ya. Sama2 jangan lupa berdoa dan konsentrasi juga selama di jalan. :))

      Delete
  4. Saya punya teman dari jepang,saya tanya kenapa motor jarang dipake di sana padahal disana pusat pabriknya,katanya motor itu gampang kecelakaan makanya mereka lebih suka pake sepeda/jalan kaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Iya betul.Rawan naik sepeda motor itu. Saya aja yang sudah terbiasa masih harus hati2.

      Delete
  5. Saya juga sama baru belajar motor. Apalagi kalo lagi muter muter di gang gang rumah suka ada anak kecil yg meleng kalo jalan udah di klakson tetep gak denger ya terpaksa saya omelin haha tegang jadi bawaannya emosi mulu haha. Tapi btw kamu hebat udah belajar ke jalan raya lah saya mah belajar ke jalan raya baru sekali itupun sama temen. So orang2 rumah pada gamau ngajarin alias badannya pada gede2 keberatan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😂 Sama hahaha.. Dulu pertama awal2 saya juga sering emosi. Sering ngomel-ngomel sendiri di jalan. Tapi itu ga bagus lho.. Kalo di jalan moodnya harus bagus dong hehe, jaga hati, jaga emosi biar ga nabrak haha.. Iya saya nekat soalnya saya udah pingin banget punya sepeda motor supaya bisa kemana-mana mandiri, dan bisa buat cari kerja juga. Awal-awal motor nganggur, muter-muter di gang aja. Saya juga pernah awal2 ditabrak taksi, nabrak mobil wkwk

      Delete
  6. Pernah ditegur gak sama pengendara lain saat kamu melakukan kesalahan? Ya wajarlah kan baru belajar naik motor ke jalan raya, saya langsung deg-degan pas ditegur hehee 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah lancar kan?hehe.. namanyaa ditegur diklakson itu hal biasa kok. Kan belum tentu juga karna kita melakukan kesalahan. Kadang mereka ngelakson untuk supaya kita hati2. Atau ngingetin kita kalau lampunya udah hijau 😂. Jd santai aja. Gpp kok ☺.

      Delete
  7. Hai...q juga pg blajar motor,masih blajar di jln kampung,gw pribadi klo latian,misal hari ini bisa lancar,besok2 klo latian lagi kurang lancar.jd blum stabil.dan gw lg brusaha memberanikan diri buat naik motor ke jln raya,rasanya takut,tp rsany ingin bgt bisa naik motor ke jln raya,.gmn cra mengatasiny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kabarnya? Sekarang sudah stabilkah naik spd motornya? Iya saya juga latihan deket2 rumah, gang2 juga.. dulu saya juga takut tapi saya lawan rasa takut saya. Sebetulnya tidak perlu takut asal kita bener tahu rambu2. Mereka semua juga hati2 kok ga mungkin nabrak kita hehehe 😊😊😊

      Delete
  8. Saya baru mulai berani latihan motor sendiri nih kak, pdhl udah umur 22th. motor udah dibeli dr setahun yg lalu, saat itu gak sabar bgt pengen cepet" belajar, blm paham bener cara ngegas, trus dr awalnya emg ga bisa naik sepeda sih. Begitu nyoba pertama kali, aku ngegasnya kekencengan trs langsung nyungsep ke got. Slebor motorku yg masih sgt baru itu pecah dan langsung kapok mau coba lagi. Selang beberapa bulan mulai penasaran lg trus minta sama kakak buat ngajarin, sambil dia saya suruh bonceng. Mungkin karna dia badannya trlalu berat dan saya blm terbiasa, saya kesusahan sekali mengendarainya. Saya rasa percuma saja belajar dgn cara seperti itu, lagi pula gak enak kalo hrs ngrepotin kakak trs. Akhirnya saya nekat belajar sendiri muter" kampung, tp cari waktu pas jalanan sepi hehe saya latihan tiap jam stngah 4 pagi sampe adzan subuh wkw soalnya saya gak bisa belok kak, tiap nyoba belok susahnya minta ampun, mau jatuh terusss huhu rasanya mau putus asa sama belokan ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang Gmana Mbak Aini sudah bisakah?

      Saya malah umur 30 tahun br belajar naik motor skrng udah mulai pd walau msh kaku klo dijalan yg rame kayak ngelewatin mobil macet takut salah perkiraan nyenggol mobil orang

      Delete
  9. halo kak, aku baru belajar motor beberapa minggu lalu
    tiap lewat jalan turunan ko masih blm bisa yaa, gimana ngatasinya ka ?

    ReplyDelete
  10. Engga bisanya gmana pas turunan ?
    Coba pelan2 dulu,sambil main rem belakang,pd aja agustin

    ReplyDelete
  11. Salam kenal untuk semuanya. Inti dari mengendarai motor tersebut adalah keseimbangan dan kepercayaan diri. Awalnya saya bisa mengendarai motor itu secara otodidak yg diikuti dengan kepercayaan diri, meski awalnya sering jatuh, terluka dan ditegur oleh pengendara yg lain. Bagi saya itu hanyalah ujian sebagaimana saya sedang berada di dalam kelas. Setelah sering melewati ujian-ujian tersebut, akhirnya saya bisa mengendarai motor dengan baik dan lancar. Demikian masukan dari saya, terimakasih.

    ReplyDelete
  12. hai semuanya salam kenal^^.saya berumur 15 tahun dan baru belajar naik motor matic.saya ingin bertanya,saat belajar naik motor mending berdua atau sendirian saja ya? soalnya kalau berdua terkadang saya jadi mengandalkan teman saya itu dan saya jadi gak bisa bisa, tapi kalau sendirian masih takut gitu soalnya saya pernah hampir nabrak anak kecil waktu belajar :v. mohon sarannya terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdua dulu aja. saya belajarnya dulu juga berdua. kalau mau sendirian di lapangan atau diperumahan, itupun kalau sudah bisa mengontrol keseimbangan 😊

      Delete
  13. Saya menyimak komen di atas, seru ya naik motor. Saya mau cerita, awalnya saya takut dan malu. Padahal pengen bisa, deg2an sudah pasti. Saya padahal udh 22th, pengen ke jl raya tapi kadang ragu. Doain saya ya semuanya, semoga saya berani dan bisa naik motor. Kalau ada saran/solusi tolong beritaub saya. Thx semua

    ReplyDelete
  14. Hebat dan inspiratif. Bikin saya ingin belajar lagi naik motor pdhl udah kepala lima. Ingin juga bisa pakai motor krn pke mobil berani knp pke motor takut? Akhirnya saya data penyebab takut. 1. bukan motor pribadi, 2. cemas terguling 3. cemas lewat tanjakan/ turunan,4. cemas disalip kiri kanan,5. cemas belok2 di angka 8. Maka, ketakutan itu hrs dilawan. Solusi nomor 1 kan ada kredit ,hehehe, untuk nomor 2 dst berlatih keseimbangan,mengerem, percaya diri, dan tenang adalah segalanya dlm berkendara. Sangat menarik berlatih bawa motor selain simpel juga mungil walau semula deg2an cemas jatuh dan luka. Lain dg saat latihan bawa mobil gak secemas saat latihan bawa motor. Tapi keinginan bisa bawa motor bgitu kuat krn motor lebih simpel dan mungil bisa mundur dan putar balik sewaktu2 kecuali di jln terlarang. klo mobil bgitu kebablasan yakh...ribet. parkir pun ribet. Smg kita semuanya cepet lancar, selamat, tidak melanggar lalin, serta aman berkendara pke motor ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cemas itu wajar kok 😊. Saya juga penakut tapi pingin bisa, tujuan saya ingin bisa dulu adalah saya tidak ingin merepotkan teman/adik yang harus nganterin saya ke mana2. saya juga ingin mencari uang, ngelesi dari rumah ke rumah. Jadi perjuangan dari saya yang naik sepeda pancal saja tidak berani, ini malah naik sepeda motor ke jalan raya. Bertahap, tidak langsung bisa, dari lapangan, gang, perumahan lalu jalan raya pelan2 hehehe. yang terpenting adalah niat. mau atau tidak mau.

      Delete
  15. Aku aja bisa motor tapi harus terus boncengin orang Mulu, kalo bawa motor sendiri. Malah takut, degdegan nervous gajelas. Padahal umur udah 24 :( kalah sama adek ku yang baru smp. Ke jalan raya aja udh kebut kebutan huhu :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts