Pengalaman Pasang Kawat Gigi

Hari ini saya ingin share tentang pengalaman saya waktu pertama kali pasang behel/braces sampai hari ini, resultnya bagaimana. Yayyy. Saya pakai braces itu sejak 20 Juni 2016. Dan sudah dari dulu nih saya suka banget foto tiap kali cek rutin ganti warna elastic chainnya. Rasanya hari yang bahagia hari dimana mau ganti warna haha. (Ini tips buat kalian jangan pilih warna hitam, putih, kuning, hijau. Kalau kalian mau gigi kalian terlihat putih pakai warna gelap). Sudah nunggu juga mau nulis tentang braces ini. Bagi kalian yang ingin pasang kawat gigi, tidak ada kata terlambat dan harus konsisten. Jangan sampai malas merawat gigi atau kontrol rutin tiap bulan.

Kondisi gigi saya sebelumnya lumayan. Bukan yang berantakan sekali. Gigi saya cenderung besar-besar seperti kelinci. Jadi dulu saya sering dipanggil kelinci. Dulu sih tidak seberapa kelihatan kalau kata orang-orang. Cuma kalau ketawa trus dilihat dari samping kelihatan sekali.

Saya pernah pakai behel itu waktu kelas 2 SMA mungkin ya. Tanpa cabut. Dokter saya dulu namanya dr. Maria. Waktu itu saya rajin sekali kontrol ditemeni mama saya. Oh iya adik saya juga pakai behel sama seperti saya. Tapi behelnya itu retrainer. Yang mana harusnya saya pakai behel dulu lalu trakhir baru retrainer yang fungsinya menjaga gigi supaya tidak balik seperti semula. Tetapi karena di Lumajang pasang Kawat gigi itu harus di Jember dan mereka punyanya retrainer ya sudah kita pakai retrainer trus di seretin tiap kontrol. Jadi tidak maksimal.



Nah ini retrainer yang saya pakai dulu. Dinding langitnya yang buat saya susah ngomong. Tidak nyaman sekali. Prosedurnya sih sama cetak gigi dulu. Dan lain-lain. Tapi tanpa cabut padahal gigi saya besar-besar gitu dan atas bawah maju. Kalau dipikir-pikir tidak ada space. Tetapi yang dipasang behel waktu itu hanya bagian atas. Jujur pertama kali pakai braces waktu SMA itu sakit banget lebih sakit sepertinya daripada sekarang, dokternya kan perempuan mungkin cekatan tidak sabaran, tegas gitu, dan ingin hasilnya kelihatan, jadi sepertinya nyeretinnya mantap banget. Dokter Maria mengharuskan retrainer ini dipakai setiap hari setiap waktu. Kan bisa lepas pasang, jadi dokternya sepertinya tau kalau saya bisa saja tidak pakai ini waktu di sekolah. Hehe.

Karena inginnya punya gigi yang sempurna. Saya pakai setiap saat apalagi tidur itu ngefek banget. Saya lepas saat makan saja. Tidak enak soalnya seperti ada yang ganjal. Saya pertama kali pakai ini di sekolah... teman-teman banyak yang ngetertawain tetapi juga ada yang senang ngeliatnya. Dan lucunya saya inget banget saat pelajaran favorite saya bahasa inggris. Ini pasti suruh baca dalam hati. Ternyata sungguhan di suruh baca, "Ini behel dilepas atau ga ya" dalam hati saya mikir. Udah hajar saja. Saya baca seperti orang pelat susah baca/ orang baru bisa baca haha, tidak bisa enak bilang R, L. Apalagi bahasa inggris ya ngomong "the" yang belakangnya "ed" bisa jadi h.

Waktu kelas 3 SMA mau kuliah dr. Maria bilang gigi saya yang atas nabrak gigi saya yang bawah sudahan. Harusnya dipasang yang bawah juga. Tetapi mama bilang tidak perlu. Gini aja tidak apa-apa. Nah saya juga kurang mengerti. Waktu kuliah ini sudah mulai nih malas-malasan pakai. Sebenarnya bukan malas tetapi kadang lupa karena tugas kuliah, kuliah kan aktif banget kalau suruh speaking, reading, ga maksimal gitu kalau keganjal behel ini. Akhirnya saya sering lepas. Dan terakhir yang saya ingat itu malam saya pakai dan itu udah ga pas. Saya paksain kan akhirnya patah 1 kawatnya. Saya shock dan disitu saya sadar gigi saya kembali lagi kesemula.. ๐Ÿ˜ญ


Ini foto waktu lulus kuliah dan belum pakai behel. Mungkin kalian mikir gigi saya baik-baik saja gitu. Ga bermasalah. Trust me, you haven't seen them. Coba lihat gigi saya di bawah. Pertama kalinya saya pasang behel sungguhan. Eh pas banget ini dia Nency yang merekomendasikan saya ke dokter Robbie.

Berkali-kali saya ingin pasang kawat lagi. Yang bener-bener behel yang dipakai orang-orang. Tetapi lagi-lagi saya memikirkan biaya. Saya tanya teman katanya dia pasang saja menghabiskan 20 juta. Ada yang 10 juta. Saya mengurungkan niat saya. Dan waktu itu di sel VAP saya ketemu Nency. Tuhan itu baik ya. Saya ketemu dia dan dia pakai kawat gigi. Saya cuma asal tanya saja waktu itu, dalam pikiran saya pasti mahal dll apalagi ini surabaya. Ternyata dia cerita A-Z dan harganya terjangkau. Harga rutin check upnya pun juga terjangkau. Dokternya juga ahli, sabar dan baik. Jadi saya tertarik sekali.

Saya waktu itu langsung telpon mama, konsultasi, dan mama setuju. Saya disuruh tanya yang jelas sama Nency dan dokternya. Akhirnya waktu Nency mau ke dokternya, saya ikut. Jadi lokasinya di Ngagel, namanya dr. Robbie. Dokternya baik banget, sabar jelasin satu persatu dari awal sampai akhir. Saya tanya apa prosedurnya, trus kira-kira saya akan mengeluarkan dana berapa sampai akhir, per check up, trus saya harus rongsen, harus cabut kah, pasta gigi nya harus khusus kah, dan sebagainya.

Dan saat itu juga saya memantapkan keinginan saya untuk pasang kawat gigi. Saya tidak perlu foto/rongsen karena dokternya sudah tahu saja mau diapain nih gigi saya haha. Gigi saya kondisinya bukan yang berantakan sekali. Tetapi tetap saya harus cabut empat gigi belakang gigi taring buat space. Pertama-tama saya cetak gigi dulu sama seperti dulu waktu SMA. Trus nunggu seminggu saya lupa. Waktu itu saya disuruh cabut gigi dulu di dokter yang lain. Jadi saya cabut dua gigi kanan dulu atas sama bawah. Ga ada sakit2 nya. Trus selang seminggu cabut dua gigi kiri atas bawah.

Kalau orang-orang bilang sakitnya pas pasang kawat gigi. Kalau saya sakitnya pas cabut gigi sebelah kiri. Jadi gusi saya yang kiri terakhir itu sakit banget sampai bengkak. Saya sampai kapok. Saya sampai makan bubur, kompres es batu. Saya berterima kasih sama Feli yang berjasa sekali. Udah nemeni cabut sampai jadi saksi sakitnya gigi setelah cabut. Seminggu sakitnya ga hilang-hilang. Ya itu baru permulaan. Tidak mungkin saya tidak jadi pasang kawat gigi malah udah ompong gini. hahahah

Untuk merawat gigi berkawat; obat kumur itu penting banget, wajib untuk pemakai kawat gigi! Saya kan malas pakai sikat kecil untuk sela-sela gigi, dental floss apa lagi, saya tidak sabaran, apalagi kalau sudah ngantuk sekali. Saya simple banget sikat ya sikat biasa, makanya kadang kan masih ada sisa-sisa makanan yang kalau dibiarin bisa jadi plak. Obat kumur itu penting. Dan pilih yang tidak mengandung alcohol. Setau saya alkohol itu ga baik untuk gusi dll. Trus pasta juga jangan yang whitening, ga baik, malah makin kuning akhir-akhirnya, email gigi bisa rusak juga. Kalau bisa yang herbal saja yang mengandung daun sirih. Hidari makanan keras, kripik2, permen karet, minuman bersoda.


Selama pemakaian kawat gigi sih.. udah 2x bracket saya lepas, setelahnya lancar tidak ada masalah hahaha. Oh pernah 3x sariawan juga. Terakhir sariawan yang lama ga sembuh-sembuh akhirnya dikasi resep pil gitu lupa namanya. Dan sembuh.

Sebenarnya banyak sih saya foto gigi saya tapi beberapa saja ya saya kasih lihat hehe. Ini sekitar 5 bulanan. Gigi taring saya ditarik ke belakang sampai mepet dengan geraham. Dan ini lama sekali.

Ini juga hijau pupus. Saya iseng aja mungkin bagus tapi tetap sepertinya kurang cocok di gigi saya. ๐Ÿ˜…Seperti habis makan bayam trus bayamnya ketinggalan di gigi.

Nah ini saya pilih warna ungu tua. Dengan warna tua gigi saya terlihat lebih putih. Itu triknya. Jadi saya suka warna pink soft, transparant, silver, purple, dark purple, biru dongker. Hmm biasanya seputar itu sih.

Ini sudah sekitar 12 bulanan lebih. Adakan ya perbedaannya. Kelihatan ga? Ini gigi taring atas kanan kiri sudah nempel sama geraham jadi siap tarik.


Kalau ini baru bulan ini. Gigi taring saya atas sama bawah sudah nempel sama geraham jadi bisa narik semuanya. Dan saya happy banget ditahap ini. Tahap yang saya tunggu-tunggu sekian lama. Dan sepertinya braces ini mempengaruhi pipi saya eh rahang saya. Beda kan sama sebelumnya. Hehe.

Waktu pasang behel itu sakitnya malah berasa besoknya setelah bangun tidur. Rasanya setiap kali gosok gigi, gigi depan itu seperti mau patah. Gigi taring apalagi. Jadi saya gosok gigi itu pelan-pelan banget dan saya banyakin aja kumur listerine. Saya pakai listerine green tea free alcohol. Dan saya makan bubur ayam. Ini tips untuk kalian yang bingung makan apa ya kalau sakit. Pisang helping banget. Minum jus alpukat. Saya dulu paling suka mie kalau sakit. Tetapi sakit ini cuma satu, dua hari kok, hanya nyeri aja gimana sih rasanya gigi bergerak karena ditarik. Hari ketiga sudah tidak sakit lagi. Cuma kurang nyaman aja. Mau ketawa susah, mau mingkem juga susah. Mau ngomong susah karena pinggir bibir berkali-kali tergores. Belum lagi tabrakan gigi atas sama bawah. Rasanya seperti mau patah. Tapi lama kelamaan walaupun diseretin gimana aja tidak kerasa sakitnya. Ga tau ya kenapa bisa dibilang tiap diseretin saya ga pernah kesakitan.. malah makan banyak pun ga masalah. Dan ini lama banget gigi yg bolong tidak nutup-nutup ๐Ÿ˜‚. Teman-teman saya cepat banget. Baru 6 bulan gigi yang gingsul-gingsul sudah rata dan bagus. Mereka juga bertanya-tanya kok gigi saya tetep gitu-gitu aja? Kok ga ada perubahan yang significant? Kok ga sakit tiap diseretin? Wkwkk saya juga merasa hal yang sama.. tapi mungkin pelan-pelan bagus untuk gigi kali ya.. tp terlalu lama juga ga baik sih..

Seru kok pakai kawat gigi ini. Yang paling saya nikmatin ya prosesnya. Semakin sakit saya semakin senang aja, puas gitu rasanya. Hahahaha aneh ya saya. Rasanya seperti pakai kawat gigi beneran. Dan tenang biasanya sakitnya cuma awal-awal saja. Dokternya juga baik banget ini pelan-pelan dan selalu menomor satukan pasien. Jadi saya percaya 100% hasilnya sama dokter Robbie ini. Saya lihat hasil teman saya juga rapi dan natural sekali. Natural ini yang terpenting. Kan banyak teman saya guru yang hasilnya malah seperti persegi deretan giginya.

Bagaimana dengan pengalaman kalian pertama kali pasang behel? Sama atau tidak? Hehehe. Pakai kawat gigi ini memang butuh ekstra kesabaran dan pengorbanan. Kadang kan kita tidak sabar banget, kapan ini selesainya, sebulan dua bulan kenapa masih sama. Sembilan bulan sepuluh bulan, kapan ini gigi taring mepet sama geraham lama amat. Ini kalau bayi udah lahir sembilan bulan. Wkwkwk. Yang buat saya cemas ini gigi bungsu yang paling belakang saya belum tumbuh. Kata dokter yang nyabut empat gigi saya dulu, harusnya cabut gigi bungsu dulu baru pasang kawat gigi. Soalnya kalau gigi bungsu tumbuh itu bisa ngedorong gigi-gigi yang lain akhirnya bisa buat gigi terdorong ke depan, merubah struktur gigi katanya.

Saya merasa malah setelah saya pasang behel ini saya jadi rajin sekali merawat gigi, sikat gigi setelah makan. Jadi lebih percaya diri dari sebelumnya. Jadi semangat lagi. Dan hari yang saya tunggu-tunggu adalah hari dimana saya cek rutin ini. Sampai di sini dulu ya. Braces updatenya besok-besok lagi ๐Ÿ˜…. Ini menyenangkan kok, tidak semenakutkan yang kalian bayangkan. Bayangin aja hasilnya dari pada sakitnya. Tapi menurut saya behel ini sakitnya cuma nyeri aja. Cuma satu hari. Sekian dulu ๐Ÿ˜„

Comments

  1. Kamu 2x pasang behel? Yg dulu ga berhasil rapihin gigi kamu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pertama bisa dibilang gagal karena saya pakai behel lepasan dan waktu itu malas pake. Tau2 udah balik seperti semula. Tapi yang kedua ini berhasil, rapi kok, tapi lama banget ini lepas behelnya. masih kurang 1 stg tahun lagi.

      Delete
    2. Kak boleh minta wa nya.boleh sharing sm kakk. Sy mau pake behel ne

      Delete
  2. Kak, pasangnya itu di dokter spesialis ortho? Daerah mana dan habis berapa ya? Mau nabung dulu kak hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya spesialis ortho. Daerah ngagel. Waktu saya dulu masih 5 jutaan masangnya. ๐Ÿ˜Š

      Delete
  3. Bener banget kakk menurutku paling sakit itu kalau gigi atas sm bawah tabrakan tuh rasanya gilaaaaa sakit paaraah๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  4. Kak bisa minta alamat atau no kontaknya dr. Robby ga ya? Saya tertarik nih sist

    ReplyDelete
  5. Kak, klo yang gk rapi cuma depan atau seri itu juga harus dipasang semua ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepertinya harus dipasang semua. Coba kamu konsultasi sama dokternya.

      Delete
  6. Hai, kak. Setelah kakak pakai kawat gigi, senyum kakak menjadi asimetris apa tidak? Masalahnya disini saya juga pakai kawat gigi dan senyum saya menjadi asimetris setelah pemakaian. Padahal saya masangnya memang di dokter gigi, bukan di tukang gigi atau semacamnya.

    ReplyDelete
  7. kak pasangnya di klinik mana? ada alamat lengkap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jln. Ngagel Jaya Selatan Sby (Kimia Farma samping Bilka)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts